Museum Zoologi Bogor - Wisata Edukasi

Museum Zoologi Bogor - Wisata edukasi di indonesia tentunya banyak sekali seperti candi, museum, serta tempat bersejarah peninggalan zaman dahulu, kota bogor tentu tidak ketinggalan dengan  memiliki museum yaitu museum zoologi di kota bogor.

Museum ini adalah tempat yang sangat menarik untuk ditemui karena banyak fosil fauna atau binatang yang mungkin belum pernah kita jumpai sebelumnya dikehidupan sehari hari karena tempat ini akan mengupas tuntas tentang semua hal yang berkaitan dengan fauna.

Luas dari bangunan Museum Zoologi ini adalah sekitar 1000 meter yan terdapat kurang lebih 7 ruang pameran yang bisa ada jelajahi dan nikmati saat berkunjung.

Saat ini koleksi fauna dari Museum Zoologi ini adalah sekitar 20.000 jenis seperti moluska, krustasea, serta beberapa hewan antropoda bahkan reptile dan mamalia pun banyak terdapat di museum ini.

Museum Zoologi Bogor - Wisata Edukasi

Museum Zoologi Bogor

Museum Zoologi merupakan salah satu museum yang menyuguhkan informasi berbagai jenis fauna yang ada di indonesia maupun di dunia yang tentunya bisa dijadikan tempat untuk belajar bagi semua kalangan.

Fauna yang terdapat di museum ini adalah fauna yang sudah di awetkan dan di bekukan atau bahkan fosil dari fauna tersebut.

Sejarah Museum Zoologi 

Museum zoologi bogor didirikan oleh Dr. J . C Koningsberger pada agustus 1894 yang dahulu diberi nama Landbouw zoologisch labolatorium dulu hanya museum kecil yang berdiri berfokus dalam mempelajari hama dan serangga.

Meseum ini sempat banyak berganti nama namun setalah Indonesia merdeka museum ini berganti nama menjadi Museum Zoologi bogor yang dipimpin oleh Bapak Mohamad amir.

Di Meseum Zoologi terdapat banyak jenis binatang yang sudah di bekukan untuk di pajang di museum ini, dari mulai burung, binatang buas, binatang purba dan masih banyak binatang lainnya.



Museum ini biasa dikunjungi oleh wisatawan dalam maupun luar negeri yang ingin  melihat koleksinya dan cocok untuk semua kalangan.

Koleksi Fauna Di Museum Zoologi Bogor

  • Mamalia dengan jumlah koleksi 650 jenis.
  • Ikan dengan jumlah 12.000 jenis
  • Burung dengan jumlah seluruhnya 1000 jenis
  • Reptil dan amfibia 763 jenis
  • Moluska dengan 959 jenis
  • Serangga dengan 12.000 jenis
  • Dan invertebrata lain, yaitu 700 jenis

Harga Tiket Dan Jam Buka

Meseum zoologi buka setiap hari yaitu pada pukul 07.30 – 16.00 sedangkan untuk hari libur yaitu mulai  08.00 – 17.00 dan harga tiket untuk pengunjung domestik yaitu sekitar Rp. 14.000, untuk pengunjung asing Rp. 25.000 saja.

Tentunya harga tersebut sangat murah mengingat banyak sekali pengetahuan yang bisa kita dapatkan dari musem zoologi bogor ini.

Apalagi jika kita memang ingin mengenalkan jenis binatang pada anak anak kita sehingga tempat ini pun bisa dijadikan destinasi wisata, selain mengisi liburan dengan cara yang menyenangkan juga banyak pengetahuan yang diperoleh.

Alamat 

Museum zoologi bogor terletak di : Jl. Ir. H. Juanda No.9, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16911 tempat ini masih dalam kawasan kebun raya bogor sehingga bagi anda yang ingin datang ke tempat ini masih sangat mudah dijangkau sekalipun menggunakan angkutan umum atau bisa menggunakan jasa Travel agent Mawa Holiday untuk lebih nyaman anda berwisata.

Tips Dan Saran

  • Ketika anda sedang berkunjung ke museum tentulah anda harus mentaati segara peraturan yang tertera karena musim haruslah lestari dan dijaga agar anak cucu kita masih bisa menikmatinya untuk mempelajari apa saja hewan atau benda yang di simpan di museum tersebut.
  • Tidak merusak atau memegang barang yang di pajang dikhawatirkan akan merusak ke utuhan dari hewan atau benda yang ada di museum.
  • Membawa kamera karena jika kita sudah berada di dalam museum tentu anda pasti ingin memotret ke unikan yang belum anda lihat sebelumnya.
  • Tidak membawa makanan dan tidak membuang sampah sembarangan di dalam museum adalah sebagai bentuk kita menjaga lingkungan museum agar tetap terjaga.

1 Komentar

  1. Halo, terima kasih..
    tulisanmu sudah menmabah wawasan pembaca

    semangat, salam literasi
    walisongo.ac.id

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama